Care Biken Kue Kandasturi - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 19 Agustus 2019

Care Biken Kue Kandasturi

oleh Mathilda

Kue kandasturi tu kue tradisinal yang tebiken dari kacang ijau same balotan tepong. kue ini dapat kite dapatkan di warong tempat orang jual kue tradisonal khusosnye yang di Pontianak.  Rupenye kue ini tadak susah bikennye. Ini alat same bahan yang diperlukan dalam biken kue gandasturi ni.

korpora.id
resepkuerenyah.com

Untuk biken kue ni, kite pasti butohkan alat same bahan untuk bikennye. Alat yang dibutohkan dalam biken kue ni misalnye pireng, sendok, kuali, kompor, same panci. Teros untok bahannye tu gunekan kacang ijau, aek, tepong, minyak, gule, garam, same pewarne makanan (kalo emang tepongnye nak warne kuning).

Dalam biken kue gandasturi ni, petame kau haros masokkan kacang ijau same aek ke dalam panci, teros rebos selama 30 menet sampai mendideh atau sampai kacang ijau da masak. Kemudian tireskan aeknye dan sisakkan sikit aek tu di dalam panci.

Abes itu masokkan siket-siket tepong, gule, garam ke dalam panci sambel di adok sampai bahan tu dah nyatu semue. Setelah bahan tu dah nyatu semue, bentoklah adonan tu dalam bentok bulat memanjang (sesuai variasi yang dimaok).

Teros celopkan adonan kacang ijau tu ke dalam tepong yang dah dicampor same aek. Kalau dah di celopkan, masokkan ke dalam minyak panas teros goreng sampai masak dan kalau dah masak, angkat kue tu teros sajikanlah.


CARA MEMBUAT KUE GANDASTURI

Kue gandasturi adalah kue tradisional yang terbuat dari kacang hijau dan balutan tepung terigu. Kue ini dapat kita jumpai di warung penjual kue tradisional khususnya di kota Pontianak. Ternyata kue gandasturi ini tidak sulit dalam pembuatannya. Berikut adalah bahan dan alat yang diperlukan lam pembuatan kue gandasturi.

Untuk membuat kue gandasturi ini, kita tentu saja memerlukan alat dan bahan untuk membuatnya. Alat yang diperlukan dalam membuat kue gandasturi misalnya seperti piring, sendok, wajan, kompor dan panci. Sedangkan untuk bahannya, kue gandasturi menggunakan kacang hijau, air, tepung, minyak goreng, gula, garam, dan pewarna makanan (jika ingin tepung berwarna kuning).

Dalam membuat kue gandasturi, pertama-tama yang harus dilakukan adalah memasukkan kacang hijau dan air ke dalam panci, kemudian rebus selama 30 menit hingga mendidih atau hingga kacang hijau sudah matang.

Kemudian tiriskan airnya dan sisakan sedikit air di dalam panci. Setelah itu masukkan sedikit demi sedikit tepung, gula pasir/gula merah dan garam ke dalam panci sambil di aduk hingga tepung, gula, garam dan kacang hijau menyatu semua.Setelah bahan-bahan telah menyatu semua, bentuk adonan dalam bentuk bulat memanjang (sesuai variasi yang diinginkan).

Kemudian celupkan adonan kacang hijau ke dalam tepung yang telah di campur ke air. Setelah dicelupkan, masukkan ke dalam minyak panas dan goreng hingga matang dan jika sudah matang, angkat kue tersebut dan sajikan.

Sumber: Wawancara bersama Ibu Ismawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman