Ku’ Kura’ nana Kara’ - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 20 Agustus 2019

Ku’ Kura’ nana Kara’

Oleh Silvester Gery Jones

bahasa daerah
pixabay.com

Ku’ Kura’ nana Kara’  

Jolon tio’lah dua gulunagan, ku’ kura’ nana kara’ an.ku’kura’an ninde mam basa an ambat tu toksigulungan nan na, silen nana kara’ an barat basa an gasak to mangalit amok tu un sigulungan nan na.

Pada suatu ason lambaklah dua gulungan nan ninde’, “arapan jajiak”,lok a si ku’ kura’. “iyakan arapanak busi’’ sut ta kara’an.

“manyari poang ngai’jalu ikan sarara batang sungen ni” lok a ku’kura’. Tata sera pon kayu dambitan kole’a kara’, dampe sera bua’yang pande ikan. Aika nande angan busi panden mambelepon unti banyut nan na bua’-bua’a.

“Ku’ kura’ mambelepon unti banyut tak nana bua’-bua’a”

“Kada jaji nao”

“Tapi injuak matawang mirinnanag”

“Bele’ iyak ka manyialon”

Mirinnananglah ninde’ ku’kura’an “rien –rien naoda tingam boa ko mo’”
Huuuhh,nana puang songo’ a ku’kura’ mondok jo biring ungkabangan. Inju na mamikiran jogulungan na laloang da kan untin nan kole’a si ka’ kara’.

“Unak ang bak”

“Ambat pi nan”

Inju alun alun aus untin nan da kan kole’ a areduan nan.

“Bausor ak” lo’ a si ku’kura’

Timbun pikriam barat ta kara’an “ku’kura’ tik pon untin ni’in dapat ambua’, coba i tamam poang ingki’ pon a”.

“Totong busi kada nun kara’”.

“Itanam poang ingki’ jo biring langko ka’an”. Lok a si ku’kura’.

“Inju, itanam poang ingki’ jo lalam ma langko ka’ an, manyuro’ anjalu a tu mangalit bua’a”

Si padu ninde are duan sampai si kapaisan ate. “Tik ketenan i tatak dua poang ingki’ dari pada suji’ in ki’”. Lok a si ku’kura’.

“Pande, iyakan mala dan na ak”. Pikira si ka’ kara’ an dan na dapat maruan bua’

Semenjak ina an inju sikule’are dua sigulangan nan ninde’. Tiap aso dararas pon unti a si ku’ kura’an katenan busi si ka’kara’. Pon unti a si ku’kura’an makin aso makin timbun sulia, marea a ta’ si ka’kara’an makin aso makin alayu baikan mate.

Pada suatu ason, unti yang datanaman kole’ a si ku’kura’an sasak. “Lok aika caraku malan, injun nak matawang mambit”.

Dabele pon unti a si ka’ kara’an inju tiok, dakamense’ i gulungan na. Barikan minta kamanse’ jo kara’an manyuro’ mambit pn unti a bari’da kan sama-sama duan.

“Kara’, dapat ko akamamitang jo ka’an bua’ untin nan,barik i kan ingki’duan”.

“Pande, ku ambitang nao mok”

Mambitlah kara’an ninde’. Mondok ibo dakan satolang bua’unti n. “Lok ang ngak satolang”

“Na alana” buub, da lo’ angan kolek a si ka’kara’. Timbun balik upi pikrian barat ta si ka’kara’an ninde’. “Iyak yang mambitan mustahil i pasi bagi-bagiang nan na ku’kura’

“Lok ang ngak pi kara’”.

Si ka’ kara’ yang aloban ninde malok ang kulit ta saja’

“Untin nin ta’ku’,ti’ko to’ambit na kadirik”. Lok a si ka’kara’

Apais ate a si ku’kura’ an ninde’. Udahlah i kamanse’i a katenan balasan na joku’un pikira si ku’kura’.

“Supitbaruang, minta tolongak. Si ka’kara’an amo’ mando dari pon unti ku’”

“Tik ketenan, kumeang namo’ pajar joanmayuro’ ajarak a”

Mambitlah ninde’ supitbaruangan. Karna loba a inju dasading supitbaruangan to’ manyupit joan. Dasupit kai a kara’ an sampai adato’jo tana’an.

“Aika ianun ingko joku’un ku’kura’”

“Nan to’ an nu inju iate ingko basa mam man tu un jo nun”

“Tolongak ku’kura’”. Tapi talambat na rasun na supitbaruangan nande’mintama na lalam mintuaria.

Kara’ yang aloban nande’mate. (Sumber: Bolom, 75 tahun, Perempuan, Petani, RT IV Dusun Danoyang Desa Ingko’ Tambe Kabupaten Kapuas Hulu)


KURA-KURA DAN KERA YANG SERAKAH

(Cerita Rakyat Taman Kapuas, Kabupaten Kapuas Hulu)

Pada zaman dahulu kala hiduplah dua orang teman yang sangat akrab, kura-kura dan kera. Kura-kura mempuanyai sifat baik, suka menolong dan pandai berteman, lain denga si kura-kura, si kera memiliki sifat yang serakah dan rakus.

Pada suatu ketika berjalanlah kedua orang sahabat ini menyusuri sungai. “aku sangat lapar”, ujar kura-kura kepada kera. “aku juga lapar temanku”sahut kera.

“Sebaiknya kita cari makan di sepanjang sungai ini” kata kura-kura. Satu persatu pohon di panjat oleh si kera, namun tak ada makanan. Ketika kera sedang memanjat pohon terkejutlah ini ketika meliat pohon pisang hanyut bersama se tandan buahnya.

“Kura-kura, aku belihat ada pohon pisang hanyut bersama setandan buanya”.

“Benarkah”.

“Tetapi kura-kura aku tidak bisa berenang dan mengamil batang pohon itu”.

“Tenang saja kera biar aku saja”.

Berenanglah si kura-kura, “cepat kura-kura sebelum para buaya menghampirimu”.
Hhuuuhh, dengan napas terengah-engah kura-kura mencapai daratan. Tanpa memikirkan si kura-kura, kera langsung menyantap pisang itu.

“Sisakan juga untukku”.

“Itu masih banyak kura-kura”.

Tak lama kemudian pisang itupun habis di makan oleh kedua orang sahabat ini.

“Kenyang” ujar kura-kura

Muncullah pikiran buruk si kera. “Kura-kura, jika pohon ini bisa menguluarkan buah sebaiknya pohon ini kita tanam”

“Benar juga katamu kera”.

“Sebaiknya kita tanam ini di sampng rumah kita”. Ujar kura-kura.

“Tidak kura-kura, sebaiknya kita menamnamnya di dalam rumah agar tak ada yang mencurinya”

Kedua sahabat ini pun berdepat panjang hingga, “Baikah jika begitu maumu dari pada kita berkelahi. Pohon ini akan kita potong menjadi dua bagian”. Ujar kura-kura.

“Baiklah”. Aku ambil bagian atas batang pisang ini, mana mungkin pangkal pohon ini bisa menghasilkan buah, pikir jahat kera.

Setelah batang pohon pisang terpotong. “Aku ambil yang ini” ujar kera langsung mengambil bagian atas batang pohon pisang.

Semenjak saat itu kedua sahabat ini bermusuhan. Setiap hari kura-kura dan kera menyiram batang pohon yang mereka tanam. Batang pohon pisang yang kura-kura tanam perlahan-lahan mengeluarkan daun dan tumbuh subur. Lain dengan kera batang pohon pisa yang ia tanam berubah menjadi layu dan mati.

Pada suatu hati, pisang yang di tanam kura-kura berbuah banyak dan mulai masak. “Bagaimana aku mengambil buahnya jika aku tidak bisa memanjat batangnya”.

Dia melihat pisang yang di tanam monyet layu dan mati, karena kasihan kepada sahabatnya itu, kura-kura pun berpikir untuk membaginya dengan kera jika kera bersedia memanjat batang pohon pisang itu.

“Kera aku ingin kau mengambil buah pisang itu untuk kita makan”

“Baik aku akan mengambilknnya untukmu”.

Si kera pun bergegesa memanjatnya, sesampainya di atas ia mengambil satu biji untuk di coba.

“Kera, jatuhkan satu untukku”

“Ini ambilah” buubb kera menjatuhkan sebiji buah pisang untuk sahabatnya. Namun kembali pikiran jahat kera muncul. “Aku yang memanjat pohon ini mengapa aku ingin membagikannya pada kura-kura”.

“Kera, jatuhkan satu untukku”

Si kera yang tamak itu menjatuhkan kulit pisang pada kura-kura.

“Kera, jatuhkan satu untukku”

Kembali si kera hanya memberinya kulit pisang, namun kura-kura tetap bersabar.

“Kera, jatuhkan satu untukku”

“Pisang ini milikku, jika kau mau silahkan panjat sendiri”. Ujar kera

Karena sakit hati, kura-kura lantan memangil temannya si kalajengking untuk memberinya pelajaran.

“Kalajengking, aku mohon bantuanmu. Si kera yang serakah itu tak mau turun daripohon pisangku”

“Baik kura-kura aku akan memberinya pelajaran”

Kalajengking pun perlahan-lahan memanjat pohon pisang itu. Karena keserakahannya, kera yang asik makan tidak meyadari kedatangan kalajengking. Lalu kalajengking menjepit bagian kakinya hingga ia terjatuh ketanah.

“Apa yang kau lakukan padaku kura-kura, bukankah kita ini sahabat”. Kata si kera

“Kau pantas mendapatkannya, kau lebih mementingkan dirimu sendiri tanpa memikirkan orang lain”.

“Tolong aku kura-kura”. Namun terlambat racun-racun kalajengking sudah terlanjur menyebar dalam tubuhnya. Akhirnya si kera pu mati.

Amanat yang terdapat dalam cerita ini adalah janganlah kita tamak dan rakus seperti si kera, ingatlah setiap perlakuan baik seseorang kepada kita. Dan yang terpenting jangan sampai sifat buruk itu membuat kita dijauhi teman.

Sumber: Bolom, 75 tahun, Perempuan, Petani, RT IV Dusun Danoyang Desa Ingko’ Tambe Kabupaten Kapuas Hulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman