Permainan Tradisional Sintep - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 14 Agustus 2019

Permainan Tradisional Sintep




Sintep Dayak Golik

Indonesia de kenal ngen bala kekayaan suku ngen budaya neh, mosu kekayaan sit terlahir bala jenis koyuh pemaket tradisional, perubi de rubikan sih bala onak kinya suku dayak golik. Dayak golik  salah nik sub suku dayak de kabupaten sanggou ,kalimantan barat .indonesia  de konal inya ngen kekayaan suku ngen budaya neh.

Perubi tik mongi alat seeduh neh .alat-alat de tangi ngunah sintep sih adalah regaji tangi kepuk ngen bukok tangi ngunah penteret neh .munti berdiameter ducuk kira-kira sebas jari telunjuk ,sebilah munti berukuran ducuk  tangi ngunah tusukan neh, ngen beberapa kerotos.

Cara ngunah sintep, munti de berukuran domuh de kapuk sekitar 20.30 cm tangi tibuk neh de ukuran 5 cm tangi pegangan atau tangi nimak neh,munti berukuran ducuk de belah ngen sesuai ngen rubak tibuk munti de akan tangikan sintep ngen domuh lobih kuduk kiri-kira 2 cm mosu munti de pertama ngen di gabungkan ngen munti de ukuran 5 cm tangi nimakneh . nemisak ngen pit de akan tangi peluruh neh.perubi sit biasa  meh de rubikan secara individu ataupun berkelompok seperti duwuh buah kubu de sedang berporak.




Indonesia dikenal dengan berbagai kekayaan suku dan budayanya, dari kekayaan itu terlahirlah berbagai jenis makanan dan permainan tradisional. Sintep adalah  satu jenis permainan tradisional, permainan yang dimainkan oleh anak-anak suku Dayak golik. Dayak Golik adalah salah satu sub suku Dayak yang bermukim di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Permainan ini menggunakan alat seadanya. Alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan sintep adalah gergaji untuk memotong dan parang atau golok untuk membuat tusukannya. Bambu berdiameter kecil kira-kira sebesar jari telunjuk, sebilah bambu berukuran kecil untuk membuat tusukannya, serta beberapa kertas bekas dan air.

Cara membuat sintep, bambu yang berukuran panjang dipotong sekitar 20.30 cm untuk badannya dan ukuran 5 cm untuk pegangan atau untuk menembaknya, bambu berukuran kecil dibelah dan disesuaikan dengan lubang badan bambu yang akan dijadikan sintep dengan panjang lebih pendek kira-kira 2 cm dari bambu yang pertama dan digabungkan dengan bambu yang berukuran 5 cm untuk menembaknya. Basahkan kertas bekas dengan air yang akan dijadikan pelurunya. Permainan ini biasanya dimainkan secara individu ataupun berkelompok seperti dua buah kubu yang sedang berperang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman