Kluek, Menjadi Ciri Khas Tersendiri Dalam Pembuatan Rawon - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 18 September 2019

Kluek, Menjadi Ciri Khas Tersendiri Dalam Pembuatan Rawon



Sumber foto: http://sintiaastarina.com/


Penulis: Bella Afrila Luciani
Penyunting: Teguh Dwi Julyanto


Korpora.id, Pontianak- Seorang wanita pemilik warung khas Jawa Timur menceritakan,” Rawon adalah salah satu menu berupa sup daging dengan bumbu khas kluek yang dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur yang sekarang diminati bagi setiap penikmatya,” ujar Noer.

“ Usaha seperti ini sudah lama saya jalani sejak tahun 1990 dan usaha ini mulai berkembang pesat pada tahun 2000 sejak saya menginjakan kaki di Pontianak dan bumbu khas tersendiri dari rawon ini ialah buah kluek yang bisa membuat kuah rawon itu menjadi hitam,” tambah Noer.
Rawon ini cukup dikenal di kalangan masyarakat yang disajikan bersamaan dengan nasi, rawon pada umumnya ialah daging sapi yang di potong kecil-kecil.
Menurut sebagian orang, seperti Tini, mengaku mengapa makanan khas Jawa Timur ini dinamakan rawon, karena nama ini sudah ada sejak zaman dahulu dan buah kluek itulah yang menjadi bahan utama dalam pembuatan rawon.

“ Kluek lah bumbu utama dalam pembuatan rawon dan bahan-bahan yang digunakan seperti daging ayam atau daging sapi, buntut sapi, tauge pendek. Tergantung setiap warung yang menyajikannya tetapi bahan utama tetap sama,” pungkas Noer.
Tidak semua orang tau dan bisa memakan rawon, tetapi tidak seperti Dian, Dian adalah perempuan yang berasal dari Kalimantan Barat khususnya penduduk asli melayu yang menyukai rawon. “ Dulunya saya tidak paham betul apa itu rawon dan mengapa identik dengan kuah hitam, akhirnya setelah saya mencoba ternyata makanan khas Jawa Timur ini sangat lezat dan gurih sehingga menarik lidah untuk terus beli disini,” kata Dian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman