Kuliner Khas Sambas Yang Memiliki Rasa Tak Sesuai Nama - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 18 September 2019

Kuliner Khas Sambas Yang Memiliki Rasa Tak Sesuai Nama


Penulis             : Verawati

Penyunting      : Yeyen


Sumber:IDN.Times


Korpora.id, Pontianak- Alunan pisau menggema memecah sunyinya dapur. Terlihat dengan lihai wanita paruh baya memotong sayur-sayuran. Dengan penuh rasa bangga ia mengolah makanan  yang akan disajikannya. Mengingat sebuah cita rasa dari tanah kelahirannya yang akan dihidangkan untuk para peminat makanan tersebut.

Diletakannya pisau yang masih meninggalkan sisa sayuran pilihan yang kaya akan khasiat di sebuah meja. Kemudian dilanjutkan dengan menyiapkan bumbu khas yang berbeda dari  bubur olahan biasa, diiringi dengan suara gesekan spatula dan wajan.” Beras, kelapa parut, dan tambahkan lada kemudian di sangrai sampai warna berubah kekuningan,  setelah itu tumbuk halus bumbu  tersebut ,” ujar  Istrinini yang biasa di panggil Makngah.

Bubur pedas kuliner khas Sambas Kalimantan Barat memang sudah sangat terkenal. Makanan yang satu ini wajib dicoba jika berkunjung ke Kota Khatulistiwa maupun kota asalnya. Nama Bubur Pedas bisa dikatakan unik, karena terdiri dari kata bubur dan pedas. Secara sekilas orang awam ketika mendengar nama Bubur Pedas  pasti terbayang dengan bentuk bubur yang berwarna merah dan memiliki rasa pedas. Namun kenyataannya sama sekali berbanding terbalik dengan bayangan tersebut. Bubur Pedas tidaklah memiliki warna merah namun penuh dengan sayur-sayuran.
Sayuran yang dipakai adalah wortel, kecambah, kacang panjang, kangkung, ubi jalar, dan pelengkap seperti ikan teri dan kacang tanah.

Istrinini menambahkan salah satu rempah yang berperan penting dalam masakan ini adalah daun kesum, yang menjadi ciri khas bubur pedas. Cuaca  panas siang hari semakin menambah rasa nikmat dalam menyantap makanan yang satu ini. “Walaupun siang hari sangat menyengat ditambah bubur pedas juga dalam keadaan panas tapi sama sekali tidak membuat kenikmatan rasanya berkurang, malah semakin ketagihan,” ujar Ayu salah satu pembeli yang ada di toko Istrinini.

Bubur Pedas memiliki banyak khasiat karena terdiri dari berbagai macam sayuran.“Bubur Pedas  bubur yang paling sehat karena didalamnya banyak sayur-sayuran sebagai campurannya,” tutup Ayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman