Perayaan 1 Muharam 1441 Hijriyah di Desa Sungai Raya - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 18 September 2019

Perayaan 1 Muharam 1441 Hijriyah di Desa Sungai Raya



Penulis         : Mia Audina
Penyunting   : Tika Wulandari

                                                                sumber: facebook Riyan

Korpora.id, Bengkayang- Tahun Baru Islam merupakan suatu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad saw.  Tahun baru Islam sering disebut dengan bulan Muharam.

Terik matahari pun menyelimuti di pagi itu menyambut umat Islam di sejumlah daerah merayakan Tahun Baru Islam atau 1 Muharam 1441 H dengan berbagai bentuk kemeriahan satu di antaranya seperti yang digelar warga di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

Warga menyambut Tahun Baru Islam seperti merayakan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, dengan bersilaturahmi dari rumah ke rumah lainnya.

‘’Warga menyambut hari raya 1 Muharam seperti tahun–tahun sebelumnya dengan bersilaturahmi ke setiap rumah dan berkumpul dengan orang tua dan saudara dekat rumah. Sehingga menjadi sebuah tradisi masyarakat ketika tahun baru Islam tiba’’ tutur Riyan selaku remaja Masjid.

Perayaan menyambut 1 Muharam setiap tahunnya di Desa Sungai Raya diawali sejak pagi hari sebelum matahari terbit hingga petang, warga sudah berkeliling ke seluruh rumah, membaca doa selamat untuk setiap rumah yang didatangi. selain itu, orang yang berkunjung dihidangkan makanan seperti kue, ketupat, buah  dan lainnya sebagai tanda menghargai atau menghormati masyarakat yang hadir di rumahnya.

Warga memaknai perayaan Tahun Baru Islam sebagai wujud untuk menguatkan silahturahmi dan ukhuwah di antar warga selalu terjaga di Desa Sungai Raya. 

Bagi masyarakat pendatang pun dapat semakin keakrabannya dengan menghadiri kegiatan perayaan 1 Muharam yang seperti ini.Setiap tanggal 1 Muharam, warga masyarakat tidak ada yang bekerja, warga  di rumah dan dimomen tersebut sesama warga melakukan silahturahmi dengan cara kunjung mengunjungi.

‘’ Di Desa Sungai Raya jarang melakukan pawai dan acara lainnya saat perayaan 1 Muharam’’ tutur kepala Dusun.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman