Pesona Riam Merasap Sajingan - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 20 Oktober 2019

Pesona Riam Merasap Sajingan



Pesona Riam Merasap Sajingan

Penulis : Silvia Nada Ariska
Penyunting : Yolanda Oktaviani



Korpora,id.Sambas-Gemericik air yang mengalir dari ketinggian di antara bebatuan granit raksasa siang itu terdengar dari kejauhan. Langkah kaki pun dipercepat memadu waktu diantara sinar matahari yang menerobos masuk dari celah dedaunan.

Rasa penasaran setelah menempuh 30 menit perjalanan trekking dari parkiran kendaraan terbayar ketika bulir air seperti asap terbawa angin menyapa kulit. Air Terjun Riam Berasap yang terletak di Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat memiliki potensi dan peluang yang besar dalam menarik minat kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara khususnya dari negara Sarawak, Malaysia.

"Riam" dalam bahasa setempat artinya "air terjun", sedangkan "berasap" berasal dari kata "asap" untuk menggambarkan percikan bulir air terjun yang terbang terbawa angin yang terlihat seperti asap dari kejauhan.

Objek Wisata Air Terjun Riam Merasap adalah salah satu objek wisata yang terletak di Desa Batang Air, Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas. Objek wisata ini terletak ± 85 km dari ibu Kota Kabupaten Sambas untuk ke lokasi bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sementara dari Malaysia untuk menikmati air terjun ini, dari titik nol perbatasan hanya menempuh jarak 10 km.

Air Terjun Riam merasap merupakan air terjun yang sangat indah dan menarik, mempunyai batu dengan ketinggian sekitar 67 meter. Dengan di kelilingi bebatuan yang sangat tinggi, air terjun ini terlihat sangat unik dan menarik untuk di kunjungi. Kecamatan Sajingan merupakan wilayah perbatasan Aruk (Indonesia) dan Biawak (Malaysia), maka tidak heran kalau melihat warga jiran sering menikmati kesejukan Air Terjun dua tingkat yang berketinggian 67 meter dengan lebar 8 meter ini. Setiap hari Minggu pasti ada saja warga Malaysia yang datang ke Air Terjun Riam Merasap, baik dari Biawak, Lunduk dan Sematan.90 persen masyarakat Kecamatan Sajingan Besar sudah memanfaatkan potensi air terjun tersebut.

Riam ini berada di antara perbukitan yang masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Gunung Puai. Gugusan perbukitan yang memanjang dan bersambung hingga ke perbatasan. Untuk menuju air terjun ini bisa dibilang membutuhkan waktu tempuh perjalanan yang cukup panjang. Kondisi hutan yang masih bagus, ditambah gemericik air terjun yang berbaur dengan kicau burung, membuat suasana betah untuk berlama-lama di sana. Kawasan ini dikelola oleh sekelompok pemuda kampung setempat yang menerapkan retribusi sebesar Rp 5.000 untuk setiap pengunjung.

Objek Wisata Riam Merasap ini sangat menarik untuk dinikmati. Jika ada yang berminat ke lokasi air terjun Riam Merasap, harus rela menempuh perjalanan 82 KM dengan menggunakan kendaraan dan harus rela berjalan kaki selama 2 KM untuk tiba di lokasi air terjun.Untuk masuk dan menikmati keindahan air terjun Riam Merasap tidak dipungut bayaran, karena lokasi air terjun yang masih alami ini belum dikelola penuh oleh Pemerintah Kabupaten Sambas. Tetapi, wisatawan harus membawa perbekalan makan dan minum selama menikmati air terjun,karena di lokasi air terjun ini tidak ada warga atau masyarakat setempat yang berjualan.

Anda akan merasakan suasana yang segar dan menyenangkan, bila berada di bawah air terjunnya dapat merasakan segar dan bersihanya air yang mengalir, sangat cocok untuk wisata di akhir pekan bersama keluarga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman