Desa Kelahiran - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 11 November 2019

Desa Kelahiran



Penulis            : Mia Audina
Penyunting     : Tika Wulandari

Desa Kelahiran



Sumber Facebook


Korpora id, Bengkayang - Tampak di sebuah wilayah terdapat sebuah desa yang cukup besar yaitu Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.
Sungai Raya Kepulauan adalah salah satu kecamatan yang berada di pesisir pantai di Kabupaten Bengkayang, Sebelumnya kecamatan ini masuk dalam wilayah Kecamatan Sungai Raya, kemudian Kecamatan Sungai Raya dimekarkan menjadi tiga kecamatan yang antara lain Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Capkala, dan Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.
Dengan beberapa desa di dalamnya terdiri dari Desa Sungai Pangkalan, Desa Rukmajaya, Desa Sungai Keran, Desa Sungai Raya, Desa Sungai Soga, Desa Karimunting, Desa Sungai Sinjun, Desa Teluk Suak, Desa Tanjung Gundul dan Desa Pulau Lemukutan.
Dilansir dari segi geografi Kecamatan Sungai Raya Kepulauan ini terletak di wilayah Khatulistiwa. Sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan Kota Singkawang, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang, Sebelah barat berbatasan dengan Laut Natuna dan Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Monterado.
“Daerah Sungai Raya Kepulauan ini lebih dekat dengan Kota Singkawang daripada Kabupatennya sendiri,” ungkap Rinto selaku masyarakat.
Dalam hal wisata Sungai Raya Kepulauan memiliki wisata yang cukup banyak,  tempat-tempat wisata yang ada di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan antara lain, Pantai Samudra Indah (Desa Tanjung Gundul), Pantai Kura-kura (Desa Tanjung Gundul), Pantai Batu Payung (Desa Teluk Suak), Dermaga Penyebarangan Teluk Suak, Pulau Kabung,  Pulau Randayan, Pulau Lemukutan (P.Lemukutan), Pantai Gosong (Sungai Raya) dan lain-lain dengan keindahan dan khasnya masing-masing.
“Kecamatan Sungai Raya Kepulauan memiliki beberapa tempat wisata yang indah dan khas masing-masing namun yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah Pantai Kura-kura,” ungkap Sri selaku remaja di desa.
Sungai Raya Kepulauan juga memiliki cerita rakyat dari beberapa desa di Sungai Raya Kepulauan diantaranya, Pekong Kaki (Sungai Raya), dan asal mula Desa Karimunting. 
“Di Desa Sungai Raya memiliki cerita rakyat yang mungkin banyak diantara kita yang tidak mengetahuinya mengenai pekong kaki di sekitar Puskesmas Sungai Raya,” ungkap Rinto.
Kini Kecamatan Sungai Raya Kepulauan semankin berkembang dari SDM dan lainnya yang mendukung kemajuan desa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman