Tempat Makan Saung di atas Sungai - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 11 November 2019

Tempat Makan Saung di atas Sungai


Tempat Makan Saung di atas Sungai

 
Sumber: @adi.rangga

Penulis            : Tika Wulandari
Penyunting     : Mia Audina

Korpora.Id, Mempawah – Siapa yang pernah mendengar Pondok Grafitasi? Ya, tempat kuliner yang cukup lama berdiri. Terletak di Peniti, Kabupaten Mempawah.

Lokasinya mudah untuk ditemukan. Dekat Pondok Pengkang yang terkenal. Berada setelah jembatan dari arah Pontianak tepatnya di depan sebuah masjid.

Tidak kalah menarik dengan tempat makan lainnya. Dari segi menu, struktur bangunan, dan pelayanan. Pemandangan yang indah juga menjadi nilai tambah tempat tersebut.

Kata Ayu selaku pengunjung “Tempat ini mulai ramai didatangi ketika matahari mulai terbenam. Pada bulan puasa dan hari libur semakin padat.”

“Parkiran mobil dan motor yang tersedia cukup luas. Tak perlu mencemaskan kendaraan dan helm kalian. Ada penjaga parkiran yang siap mengawasi. Cukup nikmati saja kebersamaan dengan orang tercinta,” tambahnya.

Ada dua tempat untuk menyantap hidangan. Lesehan di atas saung atau menggunakan kursi yang telah disediakan di tempat yang terpisah. Pilih sesuai selera.

Para pengunjung biasanya memilih di saung yang beratap daun. Hairiyah selaku pengunjung menyatakan bahwa suasana kebersamaan akan lebih terasa dan kita juga bisa mendapatkan udara yang segar di tepian sungai ini.

Tak berselang lama duduk di tempat tersebut akan datang pelayan. Dengan sopan ia menanyakan makanan yang akan dipesan. Setelah mencatanya, kalian hanya perlu menunggu.

Menu yang bervariasi akan membuat kalian bingung untuk memilihnya. Tutur Sri selaku masyarakat setempat “Harga makanannya mulai dari puluhan ribu rupiah. Menu makanan bervariasi dari ikan senangin, ikan bawal, ikan andam, kepiting, ikan kakap, ayam, udang dogol/wangkang, cumi-cumi, sop, sayuran, dan lain-lain.”

Ucap Sri “Minuman di Pondok Grafitasi harganya terjangkau berkisar Rp4.000 - Rp15.000. Dari mulai air mineral, teh, kopi, es, jus, kopi, dan masih banyak lagi.”

Menanti sungguh membosankan. Sebelum hidangan tersaji di atas meja. Kalian dapat melakukan aktivitas yang lain. Misalnya berbincang bersama keluarga, berfoto untuk mengabadikan momen bahagia atau memancing ikan.

Sebelum menyantap makanan yang menggunggah selera bersihkan tangan terlebih dahulu.  Pondok Grafitasi sudah menyediakan tempat cuci tangan yang bersih. Kuman yang menempel akan hilang dengan air jernih dan sabun cair yang wangi.

Setelah makanan tiba. Jangan biarkan aromanya berkeliaran di tepi hidung. Segera santap untuk menghilangkan rasa perih di perut.

Bagi yang membawa anak dan memilih lesehan di saung. Sebaiknya mereka jangan terlalu dekat dengan air. Tinggi sekat hanya setinggi lutut. Orang tua perlu berhati-hati agar kebahagiaan tidak menjadi kesedihan.

Cita rasa makanan di sini akan menarik untuk kembali menggentarkan lidah. Yang belum pernah mencicipi, cobalah. Bawa keluarga atau pasangan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman