Tetap Eksis di Tengah Pandemi Himbasi Sukses Adakan Penutupan Bulan Bahasa - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 05 Desember 2020

Tetap Eksis di Tengah Pandemi Himbasi Sukses Adakan Penutupan Bulan Bahasa

 

Tetap Eksis di Tengah Pandemi Himbasi Sukses Adakan Penutupan Bulan Bahasa

 

Penulis           : Yolanda Oktaviani

Penyunting    : Yeyen

Sumber: dokumen pribadi

 

Korpora.id, Pontianak- Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (Himbasi) tetap eksis dan sukses mengadakan kegiatan di tengah pandemi. Kegiatan penutupan ini dihadiri oleh sejumlah petinggi-petinggi FKIP Universitas Tanjungpura. Mulai dari Dekan, Kaprodi, Dosen, Mahasiswa dan Guru Pendamping melalui Zoom Meeting.  Minggu, 6 Desember 2020.


Kegiatan penutupan ini berlangsung kurang lebih dua jam. Pada kegiatan penutupan ini menampilkan bakat dan kreativitas mahasiswa baru serta mengumumkan pemenang dari setiap lomba. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 120 orang. Kegiatan Gebyar Bulan Bahasa (GBB) tahun ini mengangkat tema “Menjadikan Bahasa sebagai Wadah Kreativitas Anak Bangsa dalam Menghadapi Krisis Literasi di Tengah Pandemi.”


“Gebyar Bulan Bahasa 2020 merupakan agenda tahunan dari Himbasi FKIP Untan, untuk tahun ini kami laksanakan secara virtual karena terkendala Covid-19. Tapi tidak menyurutkan semangat panitia untuk melaksanakan GBB tahun 2020. Kegiatan GBB yang kami laksanakan antara lain: Dialog Inspiratif, Lomba Pidato Tingkat SMA Se-Kalimantan Barat, lomba Cerpen Nasional, dan Lomba Debat Tingkat SMA Se-Kalimantan Barat. Harapan Himbasi kedepannnya semoga mampu menciptakan kader yang aktif, kreatif, kepemimpinan yang baik, dan mampu bersaing di dunia luar,” tutur Budiman selaku ketua umum Himbasi melalui wawancara via Whatsapp.  


Himbasi satu di antara agen percontohan, walaupun di tengah pandemi tetap eksis dengan kegiatan-kegiatan yang diadakan. Terbukti dari kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar walaupun ada beberapa kendala, selaras dengan penyampaian dari ketua Panitia GBB Rian Novianto melalui wawancara via Whatsapp.


“Kendala yang kami hadapi dalam melaksanakan kegiatan Bulan Bahasa di tengah pandemi, yakni harus merombak sistematika lomba-lomba yang tidak dapat kami jalankan pada tahun-tahun sebelumnya seperti Lomba Cepat Tepat (LCT), sehingga kami mengganti LCT dengan lomba cerpen tingkat nasional. Kendala eksternal lainnya adalah sinyal/jaringan internet yang berpengaruh terhadap koordinasi antara peserta dan panitia,” ujar Rian.


Rian menambahkan, semoga ke depannya Himbasi dapat mencetak generasi yang mampu berkreativitas dalam kondisi apapun serta dapat mengadakan agenda kegiatan yang lebih baik dan menarik dari tahun ini.   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman