Si Hitam Manis yang Menggiurkan - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 02 Januari 2021

Si Hitam Manis yang Menggiurkan


Sumber: Dokumen Pribadi

Korpora. Id, Pontianak  Kalau  membahas masalah kuliner tidak aka nada habisnya. Di negeRi tercinta kita ini begotu banyak macam-macam makanan khas dari berbagai daerah. Apalagi dari daerah asal kita tercinta yaitu Pontianak. Kali ini saya akan membahas makanan khas berwarna hitam, manis, dan legit  yang berasal dari Pontianak, dia adalah Pisang Sale atau Pisang Salai.

Pisang sale atau Pisang Salai adalah makanan oleh-oleh khas Pontianak dan Kubu Raya yang di buat dari daerah Batu Ampar. Makanan yang terdengarnya sepele namananya, akan tetapi makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat, dan menggugah selera penikmat. 

Meskipun makanan ini hanya terbuat dari pisang, akan tetapi banyak penikmatnya. Pembuatan pisang sale ini tidak terlalu sulit. Pisang sale yang terbuat dari pisang yang sudah masak yang kemudian dipanggang di atas asap, seperti memenaggang sate. 

Ada sale pisang basah yang punya rasa manis menggigit. Selain sale basah, ada pula sale pisang yang
digoreng kering dengan balutan tepung. Rasanya manis dan bertekstur renyah. Tidak semua jenis pisang dapat diolah menjadi sale. Pisang raja nangka, tanduk, dan kapas tergolong jenis pisang yang bisa diolah menjadi sale.

Olahan sale pisang memanfaatkan proses pengeringan dan pengasapan untuk mengurangi kadar air buah. Sehingga membuat pisang lebih tahan lama. Terdapat tiga pengolahan sale pisang. Ada cara tradisional menggunakan asap kayu, pengasapan dengan asap belerang dan cara basah dengan menggunakan natrium bisulfit.

Menurut Siti Haridianti owner dari @makan_renyah94 dia mengatakan penjualan pisang sale cukup ramai diminati oleh warga sekitar Pontianak, bahkan dari daerah luar juga srring memesan pisang sale dari nya untuk di kirim ke daerah perbatasan seperti Entikong, Sekadau, Sintang bahkan ada yang samapai Jawa Timur.

Ada Juga Pisang Salai yang terkenal dari Pontianak yaitu Pisang Salau Aurel. Rasa nya yang manis saat dimakan membuat orang sanagt tertarik dengan rasanya.

Jadi gimana temen-temen, kalian suka yang basah atau yang kering. Cintailah dan lestarikan makanan tradisional yang ada di daerah kalian masing-masing ya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman