Wujudkan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Dunia melalui Seminar Internasional Bahasa secara Virtual - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 21 Maret 2021

Wujudkan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Dunia melalui Seminar Internasional Bahasa secara Virtual

 

Wujudkan Bahasa Indonesia sebagai  Bahasa Dunia melalui Seminar Internasional Bahasa secara Virtual


Penulis : Yolanda Oktaviani

Penyunting : Yeyen

 

sumber: dokumen pribadi
 

Korpora.id, Pontianak- Kelas Bahasa Indonesia atau Bindo, adakan Seminar Internasional Bahasa Indonesia Bahasa Dunia, Minggu, 21 Maret 2021. Secara virtual, seminar berskala internasional ini menghadirkan tiga speaker hebat. Asian speaker from Pontianak, Indonesia Agus Syahrani, European speaker from Ragusa, Italy Marco Boncoraglio, and African speaker from Maputo, Mozambique Paulo B. Jamo.


Seminar ini diadakan sebagai upaya pengembangan bahasa khususnya bahasa Indonesia. Berdasarkan data yang dituturkan oleh seorang ahli linguistik sekaligus merupakan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Tanjungpura beliau menuturkan “Bahasa Indonesia sudah dipelajari lebih dari 45 negara. Sebagai bahasa yang diprioritaskan selain Inggris, Perancis, dan Jepang. Di Australia menjadi bahasa popular ke-4 dan 500 sekolah menjadikannya mata pelajaran. Belajar Bahasa Indonesia, maka belajar budaya Kalimantan Barat”, tutur Agus Syahrani dalam persentasinya melalui Zoom Meeting.

 

Gebry selaku peserta melalui wawancara via Whatsapp mengatakan “Excited, dapat mendengarkan pemateri-pemateri yang bagus, khususnya dari luar seperti Marco, saya bisa tau bagaimana cara mereka berbicara di negaranya walaupun mereka berbeda-beda negara, culture, dan ras. Juga menambah pengetahuan kita bagaimana bahasa Indonesia itu di luar sana”, pungkasnya.


sumber: dokumen pribadi

Seminar yang di adakan kelas Bindo ini di ikuti sebanyak kurang lebih 47 peserta berserta speaker. Kelas Bindo didirikan oleh Sherly Marselina Tri Lorenza dan Bagus Devanda Putra Mildan. Seminar ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam. Dibuka dengan sambutan dari pendiri kelas Bindo dan dilanjutkan oleh moderator yakni Dedy Ari Asfar. Seminar ini dibagi dalam tiga sesi, sesi pertama penyampaian pembicara/speaker pertama, dilanjutkan dengan sesi penyampaian pembicara kedua, sesi ketiga penyampaian dari pembicara ketiga, sesi tanya jawab dan simpulan dari Moderator. Seorang peserta dari Mesir menyampaikan kesanya melalui Zoom Metting Ahmed “Saya sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan berharap agar kedepannya kegiatan seperti ini diadakan kembali”.


sumber: dokumen pribadi


“Saya mendapat jawaban dari masalah berbahasa yang saya alami dari pemateri, pertama yang harus dibangun adalah confidence atau percaya diri jangan takut salah, karena kesalahanlah yang membuat kita mengetahui kebenaran. Pemateri juga membahas tentang pendekatan pembelajaran bahasa banyak hal dapat dilakukan seperti mendengar musik dengan liriknya dan menonton film. Saya senang menonton film dan mendengarkan musik jadi dapat belajar bahasa sekaligus melakukan hobi”, tutur Putri Selvi peserta seminar melalui wawancara via Whatsapp. Peserta lainnya juga menuturkan “Seminar ini sangat menarik, karena kita dapat melihat bagaimana pandangan orang luar mengenai bahasa Indonesia”, tutur Devinda selaku peserta seminar.

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman