PANTAI SINAM ICON WISATA DI KOTA API - Korpus Bahasa

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 12 Oktober 2021

PANTAI SINAM ICON WISATA DI KOTA API


 Sumber: Dokumen Pribadi

Korpora.Id, Pemangkat, Sambas - Kota kecil yang elok nan berseri, dihiasi dengan kekayaan alam yang indah. Deburan ombak pantai yang luas membuat jiwa larut terpana memandangnya. Sejuk terasa berdampingan dengan alam bagai surgawi, memandang bukit-bukit yang begitu alami menyejukkan mata, dengan pantai yang menenangkan hati.

 Pemangkat adalah sebuah kota kecamatan yang berada di salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Barat, yaitu Sambas. “Kota Pemangkat dulunya dijuluki sebagai Kota Berkat bagi masyarakat melayu, karena Pemangkat di anugrahkan berkah oleh sang pencipta dengan banyaknya kekayaan keindahan di kota Pemangkat. Tapi ada juga yang menjuluki Kota Api, karena kota ini sejak dulunya sering terjadi kebakaran besar, sudah berkali-kali bahkan sering kali terjadi kebakaran di Pemangkat, makanya masyarakat disini menyebutnya dengan sebutan Kota Api.” ujar Bu Aisyah, yang sejak kecil sampai berumur 51 tahun masih bersahabat dengan kota kelahirannya itu.

Kecamatan Pemangkat terletak di pesisir laut yang langsung menghadap Laut Cina Selatan. Kota Api tersebut mempunyai pemandangan yang sangat indah dengan perpaduan pemandangan gunung, laut, sungai, dan kota. 


Kota Pemangkat memiliki banyak tempat yang bisa dikujungi, salah satunya pantai Sinam. Sampai saat ini pantai Sinam masih menjadi icon pemandangan yang sangat indah di Pemangkat. Dari pantai Sinam, kita bisa menikmati matahari tenggelam dengan menyisakan kehangatannya dan jingganya yang damai, disertai dengan suara debur ombak yang turut meramaikan suasana dipinggir pantai Sinam, bagaikan nyanyian syahdu.

Pantai Sinam bisa dilihat melalui berbagai tempat yang dekat dengan pantai tersebut. Contohnya Cafe Sahabat,  yang berada di Pemangkat, begitu dekat dengan pantai nan indah tesebut dengan estimasi biaya yang terjangkau, hanya memesan berbagai jenis es yang segar-segar dan berbagai macam makanan seafood hasil dari pantai Sinam itu juga, kita sudah bisa menikmati keindahan pantai tersebut. 

Selain itu bisa dilihat melalui tempat wisata yang sudah terkenal di Pemangkat, yaitu Tanjung Batu. Tanjung Batu adalah salah satu tempat wisata yang sangat bagus dan cukup terkenal, dengan biaya yang begitu murah hanya dengan 10 ribu untuk masuk ketempat itu, kita sudah bisa dengan sangat jelas untuk menyaksikan keindahan pantai sinam yang terdampar luas dan dihiasi dengan Gunung Gajah yang ada di Pemangkat. 


 “Pemerintah di Sinam mewacanakan akan membangun tempat wisata di pantai Sinam, yaitu jembatan dan pondok-pondok di tepi pantai Sinam.  Akan tetapi, rencana itu masih terjadi pro dan kontra atau setuju tidak nya warga setempat. Karena dalam pembangunan itu, pemerintah akan mengorbankan tempat seperti pondok-pondok kecil di tepi pantai dan tepi jalan tersebut, yang mana tempat itu dipergunakan untuk hal yang kurang baik, yaitu tempat karaoke dengan lampu yang gelap atau remang, serta tempat perkumpulan muda mudi atau wanita dan pria berkumpul ditempat tersebut dimalam hari. Maka dari itu, pemerintah Pemangkat ingin merubah tempat itu menjadi tempat yang lebih baik, dan asri. Tetapi pihak yang memiliki pondok-pondok tersebut meminta ganti rugi jika nantinya tempat mereka akan digusur. Pemerintah pun menyetujui itu, tempat itu akan diganti dengan pondok tempat mereka berjualan dan menjadi tempat yg lebih baik lagi.” Ujar Viotri salah satu pelayan yang bekerja di Cafe Sahabat tepi pantai Sinam.

Penulis: Sucia Lucinda 

Penyunting: Yunita Andriani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman